7 Kesalahan Saat Traveling yang Harus Kamu Hindari

By | April 17, 2018

Traveling adalah gaya hidup yang sedang naik daun saat ini, hingga banyak orang yang memilih untuk menjadi traveler sejati dari pada harus berdiam di satu tempat. Traveling, akan semakin menyenangkan jika semua hal berjalan sesuai dengan perencanaan, namun tentunya banyak faktor yang dapat ‘mengagalkan’ rencana kamu selama traveling, salah satunya adalah kehabisan biaya. Untuk menghindari hal tersebut, kamu harus menghindari 7 kesalahan yang dapat membuat traveling menyenangkanmu menjadi traveling menyebalkan hanya karena kehabisan biaya.

1- Meletakkan Uang di Satu Tempat

Kamu pasti pernah mendengar istilah berikut ini “jangan meletakkan telur dalam satu keranjang,” istilah ini sangat umum digunakan untuk berbagai hal, salah satunya saat kamu traveling. Membawa uang cash sebagai cadangan adalah hal yang baik untuk dilakukan, apalagi jika kamu tahu bahwa di tempat tujuanmu akan sulit menemukan ATM. Nah, di saat seperti inilah istilah ini harus kamu gunakan, jangan meletakkan semua uangmu di satu tempat. Letakkanlah di berbagai tempat dengan cover yang tidak mencurigakan. Kamu bisa meletakkan sejumlah uang yang sudah kamu gulung dengan plastik berwarna hitam di dalam tas pakaian kamu. Lalu letakkan juga sejumlah uang di tas kecil yang berisi barang berhargamu. Kamu juga bisa menyimpan di saku celanamu. Hal ini tentunya menghindarkan kamu dari kejadian yang tidak diinginkan.

2- Tidak mengecek seluruh opsi transportasi.

Sesungguhnya hal ini hanya berlaku bagi kamu yang traveling dengan cara backpackers dan mempunyai dana terbatas. Mengecek seluruh opsi transportasi dapat memudahkan perjalananmu dan membantumu menghemat biaya. Cari tahulah dari blog-blog traveler atau review-review di internet tentang seluruh alternatif transportasi. Misalnya, kamu mau ke Dieng, kamu harus mencari tahu alternatif ke sana, bis atau kereta. Berapa biaya yang harus digunakan untuk kedua alternatif transportasi? Waktu tempuh, pemberhentian terakhir, kemudian sesuaikan dengan kebutuhanmu.

3- Percaya Sepenuhnya pada Booklet dan Brosur Wisata.

Saat kamu masuk ke pesawat, lalu duduk, kamu akan menemukan beberapa brosur wisata dan majalah tentang wisata dari negara yang kamu tuju. Jika kamu melihat majalah dan brosur tersebut, ada baiknya untuk tidak langsung mempercayai informasi yang terdapat pada majalah, karena majalah dan brosur biasanya tidak memberikan informasi tentang penginapan murah dan akomodasi yang dapat menghemat biaya. Untuk mencari informasi seputar akomodasi murah dan penginapan ekonomis, sebaiknya kamu mencari informasi di forum-forum backpackers yang ada di internet.

4- Aksesoris mencolok

Kamu tentu tidak dapat membayangkan berada di negara asing tanpa handphone, uang, dan dokumen penting. Hal ini dapat terjadi pada siapa saja dan dimana saja tentunya. Untuk menghindarimu dari tangan-tangan nakal, ada baiknya untuk menyisihkan barang-barang mewah milikmu dan bersikaplah selayaknya penduduk setempat, sehingga kamu tidak menjadi perhatian para pelaku pencopetan.

5- Menukar Uang

Kebanyakan bank memberikan fasilitas penukaran uang dengan rate terendah saat kamu berada di negara asing. Jadi hindari membawa uang cash terlalu banyak lalu menukarkannya di money exchange. Kamu dapat menghindari biaya penukaran yang besar dan ini dapat menghemat biaya perjalanan kamu.

6- Booking Hotel Jauh Sebelum Keberangkatan.

Jika tempat yang kamu kunjungi memiliki event spesial yang menyedot banyak wisatawan, ada baiknya kamu membooking hotel jauh-jauh hari sebelum berangkat, untuk menghindari tidak mendapat penginapan. Hal ini juga berlaku jika kamu memiliki jadwal yang padat dan waktu yang sangat terbatas untuk berlibur. Namun jika kamu tidak berada dalam dua kondisi di atas, maka sebaiknya kamu menghindari membooking hotel lebih awal, apalagi jika kamu harus membayar biaya booking. Jika terjadi perubahan rencana dan tempat wisata yang kamu tuju, kamu akan mengalami kerugian karena biaya booking akan hangus.

7- Menghindari Sharing Transportasi.

Mengenal negara tujuanmu dengan baik adalah cara terbaik menghemat pengeluaran selama perjalanan. Di beberapa negara terdapat fasilitas sharing house untuk para pelancong, selain itu juga terdapat fasilitas sharing ride. Kamu bisa berbagi dengan para pelancong atau masyarakat setempat yang memiliki tujuan yang sama denganmu. Dengan fasilitas ini kamu dapat menghemat biaya transportasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *