Sambal Matah Bali

By | September 8, 2018

Membuat Sambal Matah ini memang kelihatannya gampang, itu yang dipikiran saya, ternyata memang “gampang”, cuma teknik membuat yang selama ini saya pakai adalah salah besar, pantes ya gak pernah seenak yang dijual di Resto. Akhirnya, Saya mendapatkan teknik membuat sambal ini yang asli dari orang Bali. Memaaaang, beda banget rasanya! Juara deh Sambal Matah ini! 


Buat Sambal ini mudah banget, tapi perhatikan tekniknya baik2 ya, supaya hasilnya jadi luar biasa. Makasi Bali untuk Sambal yang enak, mudah & secepat kilat buatnya! Kapan mau makan, bisa langsung dibuat, yeees! Saksikan videonya untuk lebih jelas lagi dengan teknik buat Sambal Matah ini ya.

Bahan-bahan

3 porsi sambal

  1. 7 buah Cabe merah keriting
  2. 7 siung Bawang merah
  3. 2 siung Bawang putih
  4. 2 batang Serai (ambil bagian putihnya saja)
  5. 2 helai Daun jeruk
  6. 2 buah Jeruk Limau ukuran kecil
  7. 4 sdm Minyak kelapa
  8. 3/4 sdt Garam
  9. 1/2 sdt Kaldu jamur Non-MSG

Langkah

5 menit

  1. Siapkan bahan-bahannya. Siapkan Mangkuk ukuran sedang. Geprek bawang putih & cincang halus, masukkan ke dalam mangkuk. 
    Iris tipis bawang merah, serai & daun jeruk (buang tulang daunnya), kemudian iris horizontal cabe rawit & cabe merah, masukkan ke mangkuk.  
  2. Beri perasan air jeruk limau, garam & kaldu jamur. Dengan menggunakan sarung tangan plastik (agar tangan tidak panas), campur sambil remas-remas semua bahan dimangkuk, remas sampai harum serai & daun jeruk keluar. Sisihkan.  
  3. Panaskan minyak kelapa di wajan sampai benar-benar panas, kemudian siram minyak kelapa panas ke atas sambal matah. Aduk rata.  
  4. Pindahkan ke piring saji, Sambal matah siap dinikmati dengan lauk seafood & ayam goreng. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *